20 Maret 2011

Expectopatronum



Mungkin kali ini saya akan menulis diluar konteks yang biasanya dibahas dalam blog ini,
tapi ketidakmengertian itu semakin besar.

Ada teman saya yang tibatiba pindah kost setelah beberapa kali baju nya hilang, ketika ditanya ke semua penghuni kost, tidak ada yang terselip baju milik teman saya itu, begitu juga sama mbak yang biasanya nyuci baju. Dan tibatiba pula (malam hari) saya di sms oleh teman saya itu dan dia bilang pindah kost. Saya bingung kenapa, sepertinya tidak ada masalah sama sekali, dia juga tidak ada rencana untuk pindah kost sewaktu kmaren kami ngumpul di salah satu kamar teman kost saya. Ternyata katanya teman saya itu, ada yang mau berbuat jahat sama dia lewat alam gaib, duh, serem amat..

Terkadang saya tidak mengerti kenapa orangorang melakukan tenung atau semacamnya yang berkaitan dengan alam gaib dan sihir (mungkin). Mencelakai orang dengan tidak melakukan kontak fisik, dan itu sangat mengerikan..!! itu merupakan salah satu tindak kejahatan, namun dari segi hukum pun, kita tidak dapat menuntutnya karena tidak ada buktibukti yang nyata, tapi itu adalah suatu tindak kejahatan.

Sekali lagi, karena Indonesia kaya dengan budaya.
Dulu, sebelum berbagai agama masuk di Indonesia, nenek moyang kita percaya akan adanya kekuatan leluhur, kekuatan alam, batubatu besar, gunung, sungai yang dianggap sakral ataupun makluk gaib. Beberapa agama memang mengakui adanya roh gaib, tapi untuk menggoda iman manusia agar jauh dari Tuhan dan menjadikan manusia budaknya dengan melakukan tindak kejahatan.

Saya pikir, kejadian tenungmenenung, gunamenggunai orang itu sudah ditinggalkan di era modern seperti ini, manusia lebih berpikir lebih logis dengan menggunakan orang lain untuk melakukan kejahatan contohnya denga menyewa pembunuh bayaran atau semacamnya dan dengan adanya agama yang megajarkan Tuhan itu satu, dan tidak ada kekuatan manapun yang dapat melawannya, sepertinya kegiatan mistik seperti itu sudah tidak lagi dipelajari, bahkan menurut saya sudah musnah.

Tetapi kenapa masih ada orang yang melakukan itu? Saya benarbenar tidak mengerti...

Budaya dan agama disatu sisi dalam melebur menjadi satu dan saling mendukung, tetapi ada budaya yang sangat bertolak belakang dengan agama sehingga tidak dapat saling menghilangkan antara satu dengan yang lainnya.
Dan ketika budaya yang buruk itu mulai menyerang, agama menjadi satusatunya pelindung kita dari semua marabahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar